• Pengertian Sejarah

Sejarah adalah pengetahuan dan kajian mengenai berbagai peristiwa atau kejadian yang pernah terjadi di masa lampau dengan manusia sebagai tokoh utamanya.

Sejarah secara etimologi berasal dari kata “syajarotun” dari bahasa Arab yang artinya adalah “pohon”. Pohon yang dimaksud adalah suatu penggambaran bahwa sejarah seperti pohon yang tumbuh dari bawah tanah ke atas, bercabang, menumbuhkan dahan, daun, bunga hingga buah.

Artinya, sejarah adalah suatu runutan peristiwa terjadinya sesuatu dari akar hingga berbagai kejadian, peristiwa, konsekuensi dan rekam jejak lainnya yang tumbuh seiring berjalannya zaman di masa lalu.

“…dalam kata sejarah tersimpan makna pertumbuhan atau kejadian…”

Yamin (1958: 4)

Sementara itu sejarah dalam bahasa Inggris adalah history. History sendiri berasal dari bahasa Yunani, yakni “historia” yang memiliki arti: “apa yang diketahui karena penyelidikan”. Pengetahuan yang dimaksud tentunya adalah pengetahuan mengenai berbagai kejadian.

Kemudian, penyelidikan dilakukan untuk benar-benar mengetahui apakah kejadian tersebut benar-benar pernah terjadi atau tidak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sejarah adalah kejadian masa lalu yang diketahui melalui penyelidikan sumber sejarah.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian sejarah menurut para ahli. berikut pemaparannya.

Pengertian Sejarah Menurut Herodotus

“..suatu kajian mengenai kebangkitan, kehidupan hingga kejatuhan tokoh, masyarakat, bahkan peradaban dalam kisah (story telling) yang dijaga seakurat mungkin kebenarannya..”

Herodotus, (484-425 SM).

Herodotus adalah bapak sejarah dunia yang mendapatkan gelar tersebut karena sebelumnya tidak pernah ada yang menulis kisah mengenai kejadian masa lampau se-sistematis dan benar-benar dijaga kebenarannya seperti yang ia lakukan.

Pengertian Sejarah Menurut Ibnu Khaldun

“..catatan mengenai kejadian, hingga perubahan watak (sosial) umat manusia, masyarakat, maupun peradaban dunia berlandaskan konsepsi sejarah..”

Ibnu Khaldun, ibrar (1332-1406).

Ibnu Khaldun (Ibn Khaldun) Tercatat sebagai ilmuwan dan filosof muslim pertama yang menggunakan pendekatan konsepsi sejarah dalam wacana keilmuan Islam (Abdullah Enan, 2013: 87). Pendapatnya mengenai sejarah boleh dikatakan merupakan pengembangan dari pemikiran serupa Herodotus.

Konsepsi tersebut membuat sejarah tidak hanya menjadi rekaman masa lalu saja, namun dapat dijadikan hikmah dan pelajaran bagi generasi sekarang dan generasi mendatang (Sujati, 2018: 145).

Pengertian Sejarah Menurut Kuntowijoyo

“..Sejarah adalah cabang ilmu yang mengkaji secara sistematis keseluruhan perkembangan proses perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat dengan segala aspek kehidupannya yang terjadi di masa lampau..”

Kuntowijoyo, (2013: 18).

Kuntowijoyo juga berpendapat bahwa sejarah merupakan hal yang menyuguhkan fakta secara diakronis (berhubungan dengan waktu), ideografis (menceritakan sesuatu), unik (berbeda satu sama lain), dan empiris (berdasarkan sesuatu yang pernah dialami oleh manusia).

Sejarah Menurut Muhammad Yamin

“..Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang umumnya berhubungan dengan cerita bertarikh sebagai hasil penafsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada masa lampau, yaitu susunan hasil penyelidikan bahan-bahan tulisan atau tanda-tanda yang lainnya..”

Yamin, (1957: 4).

Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo

“..Sejarah adalah gambaran mengenai masa lalu manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap. Hal yang disusun meliputi urutan kejadian fakta dengan tafsiran dan penjelasan yang memberikan pengertian dan pemahaman mengenai apa yang telah berlalu.. “

Kartodirdjo, (1982: 12)

Definisi Sejarah menurut Edward Hallet Carr

“..sejarah adalah suatu proses interaksi tanpa henti antara sejarawan dengan fakta-fakta yang ada padanya; suatu dialog tanpa henti antara masa sekarang dan masa silam..”

Edward Hallet Carr, (1982: 30)

Demikianlah pengertian sejarah dari segi etimologis dan menurut para ahli, lalu…bagaimana sejarah menurutmu?