Kaitan Peristiwa Penting di Eropa Dengan Kehidupan Sekarang

Dengan berakhirnya masa renaissance bukan berarti pengaruhnya langsung hilang begitu saja. Aufklarung memberikan dampak pada Indonesia di jaman kolonial Belanda. Pada tahun 1889, Conrad Theodore van Deventer memperjuangkan nasib bangsa Indonesia dengan menulis karangan dalam majalah De Gids (Panduan) yang berjudul Een Eereschuld (Hutang Kehormatan). Van Deventer menjelaskan bahwa Belanda telah berhutang budi kepada rakyat Indonesia. Hutang budi itu harus dikembalikan dengan memperbaiki nasib rakyat, mencerdaskan dan memakmurkan. Penerapan politik etis meliputi tiga hal utama: 1) irigasi, 2) pendidikan, dan 3) migrasi.

Dampak pelaksanaan politik etis bagi Indonesia di bidang irigasi, pembangunan infratruktur pertanian dalam hal ini bendungan yang nantinya bermanfaat bagi pengairan. Dibidang migrasi Pembangunan infrastruktur seperti pembangunan rel kereta api yang memperlancar perpindahan barang dan manusia. Selanjutnya dalam hal edukasi memberikan kesempatan kepada pemuda pemudi Indonesia untuk bersekolah danmendapatkan pengajaran pendidikan.

Adanya berbagai sekolah mengakibatkan munculnyakaum terpelajar atau cendikiawan yang nantinya menjadi pelopor Pergerakan Nasionalseperti contoh Soetomo mahasiswa STOVIA mendirikan organisasi Budi Utomo, Soekarno,Mohammad Hatta, dll. Sementara dalam hal transmigrasi, dilakukan pemindahan pendudukdari pulau jawa untuk bekerja di pabrik dan perkebunan milik Belanda. Namun sayang,kebijakan irigasi dan migrasi yang dimaksudkan oleh van deventer lantas disalahgunakanoleh pemerintah kolonialBelanda dengan menggunakannya untuk kepentingan Belandadengan membangun dan menyalurkan saluran irigasi tersebut ke berbagai perkebunanbelanda dan menjadikan penduduk yang dipindahkan oleh Belanda sebagai pekerja rodi.

Di jaman sekarang keterkaitan adanya politik etis ini, di bidang Irigrasi banyak di bangunwaduk-waduk baru bukan hanya untuk pengairan, namun juga untuk pembangkit tenagalistrik. Migrasi penduduk bukan hanya terjadi dalam satu kota, namun juga antar pulau.Pemerintah hingga sekarang masih mengembangkan transmigrasi dengan pola baru yanglebih banyak mendatangkan manfaatnya bagi masyarakat dan mengurangi dampak yangtidak diinginkan. Di bidang pendidikan, dalam upaya mengembangkan sumber dayamanusia telah mengeluarkan kebijakan wajib belajar Sembilan tahun (Wajar dikdas).

Bendungan Jatiluhur di Jawa Barat

Pengaruh renaissance di Indonesia di masa kini masih dikenali, sebagai contoh banyakpemuda yang kini telah menjadi pengusaha atau pebisnis muda dan handal. Indonesia kinisemakin berkembang dengan kehidupan yang dinamis dan serba canggih. Kita saat inimemasuki industri 4.0 dimana kemajuan teknologi adalah panglima dan otomisasi mesinberlangsung di hampir semua sektor. Kemajuan perdagangan pun di rasa semakin harisemakin mengikuti era modern. Dengan adanya Renaissance kini dapat menciptakansumber daya yang dimana dapat mengubah cara pandang kehidupan semakin maju.

Seperti halnya kini di Indonesia telah mengenal e-commerce yaitu berdagang atau berjualanmelalui media elektronik. Dahulu orang hanya mengenal bahwa berjualan atau berbisnishanya di lakukan secara tatap muka dan membuka lapak di tempat, namun kini orang telahmengenal media elektronik dan memanfaatkannya secara baik untuk berbisnis. Tumbuhnyakebebasan dalam berkreasi dan berinovasi juga telah berlaku di Indonesia. Kreativitas disetiap individu menciptakan pula jiwa muda yang lebih modern dan mandiri.

Pasar konvensional dan e-commerce

Pengaruh markantilisme hingga sekarang masih dapat kita jumpai, seiring waktu terjadi markintilisme mengalami perubahan seiring waktu dan kondisi yang berbeda. Bila pada masa lalu markantilisme untuk mengukur kekayaan negara hanya dengan logam mulia, namun sekarang melalui mata uang suatu negara. Semakin kuat ekonomi suatu negara, maka nilai mata uangnya akan semakin tinggi dibandingkan negara yang ekonominya lemah. Sehingga setiap negara berupaya semakin menumpuk cadangan devisa negara agar nilai mata uang negaranya tetap unggul.

Dengan modal yang kuat, negara maju mengeksploitasi negara berkembang dengan mengeruk hasil bumi dan alamnya dengan biaya rendah dan menjualnya dengan harga tinggi, seperti yang sedang terjadi di negara tercinta kita ini. Misalnya, pada perbagai kegiatan penambangan yang melibatkan peruasahaan asing, di mana yang menjual hasil penambangan adalah perusahaan asing tersebut, sedangkan negara kita hanya mendapatkan konpensasi saja.

Pembatasan impor dan mengutamakan ekspor di semua negara. Dengan adanya perdagangan bebas maka pembatasan impor secara mutlak sudah sulit dilaksanakan. Adanya pasar bebas seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN membuat pintu perdagangan terbuka luas untuk melakukan ekspor ke semua negara anggota, sehingga tidak bisa melalukan pembatasan barang impor yang masuk pada suatu negara. Maka upaya untuk menekan impor yang masuk maka pemerintah Indonsia mengeluarkan berbagai upaya dalam meningkatan kegiatan ekspor. Sehingga dengan ekspor yang semakin tinggi dibandingkan negara, akan menghasilkan devisa yang lebih banyak lagi.

Pemberian subsidi langsung terhadap manufaktur negara. Agar produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar, pemerintah memberikan subsidi langsung terhadap manufaktur negara. UUD 145 pemerintah menguasai kepentingan yang menyangkut hidup orang banyak, sehingga pemerintah bisa ikut campur di dalamnya termasuk memberikan subsidi sehingga pruduknya bisa terjangkau oleh semua masyarakat.

Rumah Bersubsidi dari Pemerintah

Pengaruh umum dari munculnya reformasi geraja adalah kekuasaan gereja atau agama dipisahkan sehingga sehingga muncul pemerintahan sekuler. Reformasi gereja memunculkan adanya gereja katolik dan gereja prostestan. Dengan diterjemahkannya Kitab Injil dari Bahasa Latin ke berbagai bahsa lain sehingga mempermudah umat Kristiani di berbagai belahan dunia memahami Kitab Injil. Sekarang kitab injil dengan terjemahan Bahasa Indonesia sudah ada, bahkan seiring dengan kemajuan teknologi dapat dipelajari melalui daring (internet). Pemerintah Indonesia sekarang ini mengakui adanya umat kristiani baik yang Katolik maupun yang Protestan, hidup berdampingan dalam masyarakat dengan agama yang ada di Indonesia. Sekarang bisa di Jumpai Kitab Injil yang menggunakan terjemahan Bahasa Indonesia.

Gambaran Gereja katolik (gambar 1) dan Gereja Protestan (gambar 2) di Indonesia

Penemuan-penemuan baru berbagai alat untuk memudahkan kehidupan manusia, memunculkan revolusi industri. Revolusi industri terus bergerak maju dengan semakin banyaknya ditemukan teknologi canggih. Indonesia sekarang juga sudah mampu membuat industri maju yang menggunakan mesin-mesin modern, yang membawa perubahan berbagai aspek seperti ekonomi, sosial, budaya, lingkungan hidup dan lain-lain. Adanya industri-industri mampu menggerakkan roda ekonomi. Banyak lapangan pekerjaan tercipta, mendorong terjadinya urbanisasi ke wilayah pusat industri. Namun pengaruh industrialisasi yang berlangsung saat ini perlu diantisipasi dengan baik ke karena memunculkan dampak negative seperti pola hidup yang individual, semakin murah harga barang membuat masyarakat menjadi semakin konsumtif, dan ekploitatif terhadap sumber daya alam.