Perang Dunia I

Perang Dunia adalah perang yang melibatkan banyak negara di dunia. Perang Dunia I melibatkan negara-negara Eropa. Selain itu melibatkan negara-negara di kawasan Asia, seperti Jepang dan Cina; negara-negara di kawasan Amerika, seperti Amerika Serikat dan Kanada; negara Australia dan Selandia Baru.

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perang Dunia I

Terjadinya perang dunia I disebabkan secara langsung dan tidak langsung. Penyebab langsung terjadinya perang dunia I sebagai berikut:

  1. Terjadi pertentangan di antara negara-negara Eropa. Pertentangan terjadi diantaranya sebagai berikut:
  2. Pertentangan Jerman dengan Perancis
  3. Pertentangan Jerman dengan Inggris
  4. Pertentangan Jerman dengan Rusia
  5. Persaingan antara Austria dan Rusia dalam merebut Balkan
  6. Melemahnya kedudukan Turki sebagai penguasa Balkan
  7. Timbulnya persekutuan militer

Beberapa negara Eropa membentuk persekutuan militer karena takut ancaman dari negara saingannya. Tujuannya untuk menghadapi ancaman atau serangan dari bangsa lain secara bersama-sama.

  • Timbulnya perlombaaan senjata

Untuk menghadapi serangan mendadak dari lawan, setiap negara berusaha mempersenjatai diri. Kaum industrialis menciptakan senjata modern dan dijual kepada negara yang bermusuhan. Saling curiga akibat perlombaan dalam persenjataan menyebabkan keadaan Eropa panas.

Penyebab tidak langsung terjadinya perang dunia I yaitu saat meninjau latihan perang tentara Austria di Sarajevo, Putra Mahkota Austria, Pangeran Frans Ferdinand dibunuh oleh pemuda Serbia. Pemua tersebut bernama Gavrillo Princip. Pada tanggal 29 Juni 1914, Austria menuntut Serbia untuk menyerahkan pembunuhnya dalam tempo satu bulan.Namun permintaan tesebut tidak dihiraukan oleh Serbia yang mendapat dukungan Rusia. Selanjutnya Austria menyatakan perang tehadap Serbia

Gavrillo Princip (foto kiri) dan peristiwa pembunuhan atas putra mahkota Austria, Frans Ferdinand

Kronologi Perang Dunia I

Tanggal 1 Agustus 1914, Jerman menyatakan perang terhadap Rusia yang mendukung Serbia. Tanggal 3 Agustus 1914, Perancis juga menyatakan perang terhadap Jerman. Selanjutnya tanggal 14 Agustus 1914 Inggris menyatakan perang terhadap Jerman. Negara yang terlibat perang meluas keluar Eropa, seperti Jepang dan Cina. Negara yang terlibat dalam Perang Dunia I dibedakan menjadi dua blok, yaitu blok sentral dan blok sekutu.

Blok sentral terdiri dari negara Jerman, Austria, Hongaria, Turki dan Bulgaria. Blok sekutu terdiri dari negara Perancis, Rusia, Serbia, Belgia, dan Inggris beserta negara jajahannya. Tahun 1917, Amerika Serikat baru menyatakan perang terhadap blok sentral setelah kapal dagangnya ditenggelamkan Jerman. Keterlibatan Amerika Serikat yang mendukung sekutu menjadi sebab kekalahan blok sentral. Jepang sebagai salah satu negara di Asia ikut perang melawan Jerman. Jepang menginginkan jajahan Jerman di Timur Jauh. Anggota blok sekutu berjumlah 23 negara. Perang Dunia I yang melibatkan banyak negara terbagi dalam beberapa medan pertmpuran yaitu medan pertempuran berat, medan pertempuran timur dan medan pertempuran laut.

Akhir Perang Dunia I

Perang Dunia I berlangsung empat tahun dan memakan korban delapan juta orang tewas dan luka-luka di medan pertempuran. Perang Dunia I berakhir dengan dua perjanjian damai yaitu

  1. Perjanjian Versailles
  2. Perjanjian Sevres

Perjanjian Versailles (1919) dilakukan antara Jerman dan Sekutu, sedangkan perjanjian Sevres (1920) dilakukan antara Turki dan sekutu. Isi perjanjian Versailles sebagai berikut:

  1. Jerman kehilangan semua daerah jajahannya dan diserahkan kepada Inggris, Perancis, dan Jepang
  2. Jerman membayar ganti perang
  3. Angkatan perang Jerman diperkecil.

Peperangan terjadi di Eropa, sehingga seluruh Eropa mengalami kehancuran di semua sector kehidupan. Berikuti adalah kehancuran yang dialami negara Rusia, Jerman dan Turki.

Rusia berada di posisi sangat tidak menguntungkan , karena berjuang sendirian di medan pertempuran melawan Jerman dan sekutu-sekutunya. Kekalahan Rusia dalam Perang Dunia I mendorong meletusnya Revolusi komunis pada tahun 1917 yang dipimpin oleh Lenin.

Jerman, Kehancuran yang parah dialami oleh Jerman dan sekutunya sebagai negara yang kalah perang. Hasil keputusan Perjanjian Versailles pada tahun 1919 terlampau berat bagi Jerman. Akibat kalah dalam perang duia I, Kekaisaran Jerman dihapuskan dan diganti dengan nama Republik Weimar.

Turki, sangat menderita akibat Perang Dunia I. Turki tidak lagi menjadi negara besar di wilayah Timur Tengah sebab daerah jajahannya diambil oleh negara lain.