CENTO

CENTO adalah sebuah pakta pertahanan yang terbentuk pada masa perang dingin, tepatnya pada tahun 1955.Pada awal berdirinya, CENTO bernama Pakta Baghdad karena didirikan di Baghdad, Irak. Pada awal berdirinya CENTO, organisasi ini beranggotakan beberapa negara yaitu, Inggris, Turki, Irak, Iran dan Pakistan.Organisasi ini juga memiliki negara yang bertindak sebagai pengawas dalam organisasi, negara yang dimaksud adalah Amerika Serikat.

Pembentukan CENTO tidak terlepas dari keadaan sistem internasional yang bipolar pada saat itu. Ada dua polar utama dalam sistem internasional, Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kedua polar utama tersebut saling berebut pengaruh, keduanya berusaha mempengaruhi negara-negara lain untuk mau bergabung dan bekerja sama dengan mereka. Kedua polar ini bisa dibilang saling bertentangan, Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat adalah negara-negara yang menganut sistem politik demokrasi liberal sedangkan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet adalah negaranegara yang menganut sistem komunis sosialis. Kedua blok ini berusaha mencari pengikut sebanyak-banyaknya dengan menyebarkan ideologi yang mereka terapkan.

Regional Timur Tengah tidak luput dari ajang perebutan pengaruh tersebut. Di region ini, Amerika Serikat bergerak lebih cepat daripada Uni Soviet. Untuk mencegah penyebaran ideologi komunisme Amerika Serikat berniat membentuk sebuah pakta pertahanan di kawasan Timur Tengah. Ide pembentukan ini mulai muncul pada awal tahun 1950-an, ketika itu ketegangan di Timur Tengah sedang meningkat akibat dari konfl ik Arab-Israel, hal ini membuat pembentukan pakta pertahanan menjadi terhambat karena Israel merupakan sekutu dari negara-negara Barat khususnya Amerika Serikat. Situasi ini membuat Amerika Serikat dan Inggris melakukan fokus pendekatan pada negara-negara yang berbatasan langsung dengan Uni Soviet seperti Iran dan Irak.

Pendekatan pembentukan pakta pertahanan di Timur Tengah dimulai dari negara-negara yang telah menjadi sekutu Amerika Serikat, yaitu Turki yang tergabung dalam NATO (North America Treaty Organization) dan Pakistan yang tergabung sebagai anggota paling barat dari SEATO (South East Asia Treaty Organization). Pembentukan pakta pertahanan dilakukan melalui perjanjian di Baghdad antara Irak dan Turki, lalu diikuti oleh Pakistan, Iran, dan Inggris. Amerika Serikat tidak menandatangani perjanjian dalam pakta pertahanan ini, namun tetap tergabung sebagai pengawas serta merupakan anggota dari pertemuan komite. Inggris bertindak sebagai pemimpin di dalam pakta pertahanan ini.

Setelah Irak keluar dari CENTO pada 1958, keberadaan CENTO tidak memberikan bantuan yang cukup signifi kan kepada anggotanya. Pada tahun 1979 terjadi revolusi Islam Iran yang membuat hubungan Iran-Amerika Serikat memburuk, hal ini berlanjut dengan keluarnya Iran dari CENTO pada 1979. Pakistan mengikuti jejak Iran, Pakistan keluar dari CENTO pada 1979 karena CENTO tidak memberika bantuan ketika Pakistan sedang berkonfl ik dengan India. Situasi ini membuat CENTO resmi membubarkan diri pada tahun 1979, organisasi ini hanya bertahan selama 24 tahun.